Cara Sembuh dengan Perawatan Herpes Zoster

Image result for herpes zoster

Mdedge.com

Dikutip dari aafp.org, perawatan herpes zooster memiliki tiga tujuan utama: (1) pengobatan infeksi virus akut, (2) pengobatan nyeri akut yang terkait dengan herpes zoster dan (3) pencegahan neuralgia postherpetic. Agen antivirus, kortikosteroid oral dan modalitas manajemen nyeri individual adalah tambahan yang digunakan untuk mencapai tujuan dalam perawatan.

Agen Antivirus

Agen antivirus telah terbukti mengurangi durasi ruam herpes zoster dan tingkat keparahan nyeri yang terkait dengan ruam. Namun, manfaat ini hanya ditunjukkan pada pasien yang menerima agen antivirus dalam waktu 72 jam setelah timbulnya ruam. Agen antivirus mungkin bermanfaat selama lesi baru sedang aktif terbentuk, tetapi mereka tidak mungkin membantu setelah lesi berkerak.

Efektivitas agen antivirus dalam mencegah neuralgia postherpetic lebih kontroversial. Banyak penelitian yang mengevaluasi masalah ini telah dilakukan, tetapi hasilnya bervariasi. Berdasarkan temuan dari beberapa penelitian, terapi acylovir (Zovirax) tampaknya menghasilkan pengurangan moderat dalam pengembangan neuralgia postherpetic. Agen antivirus lain, khususnya valacyclovir (Valtrex) dan famciclovir (Famvir), tampaknya setidaknya sama efektifnya dengan asiklovir.

Asiklovir, obat antivirus prototipe, adalah inhibitor DNA polimerase. Asiklovir dapat diberikan secara oral atau intravena. Kelemahan utama asiklovir yang diberikan secara oral termasuk bioavailabilitas yang lebih rendah dibandingkan dengan agen lain dan frekuensi dosisnya (lima kali sehari). Asiklovir yang diberikan secara intravena umumnya digunakan hanya pada pasien yang immunocompromised parah atau yang tidak dapat minum obat secara oral.

Valacyclovir, obat asiklovir, diberikan tiga kali sehari. Dibandingkan dengan asiklovir, valasiklovir mungkin sedikit lebih baik dalam mengurangi keparahan rasa sakit yang terkait dengan herpes zoster, serta durasi neuralgia postherpetic. Valasiklovir juga lebih tersedia secara hayati daripada asiklovir, dan pemberian oral menghasilkan tingkat obat dalam darah yang sebanding dengan pemberian intravena. asiklovir. Famciclovir juga merupakan inhibitor DNA polimerase. Keuntungan famciclovir adalah jadwal dosisnya (tiga kali sehari), waktu paruh intraseluler yang lebih lama dibandingkan dengan asiklovir dan bioavailabilitas yang lebih baik dibandingkan dengan asiklovir dan valasiklovir.

Pilihan agen antivirus mana yang digunakan adalah individual. Jadwal dosis dan biaya mungkin menjadi pertimbangan. Ketiga agen antivirus umumnya ditoleransi dengan baik. Efek samping yang paling umum adalah mual, sakit kepala, muntah, pusing dan sakit perut.

Keterlibatan Ocular Dalam Herpes Zoster

Herpes zoster okular diobati dengan agen antivirus dan kortikosteroid oral yang diberikan, sama seperti keterlibatan di tempat lain. Meskipun sebagian besar pasien dengan herpes zoster okular membaik tanpa sekuele yang berlangsung lama, beberapa mungkin mengalami komplikasi parah, termasuk kehilangan penglihatan. Ketika herpes zoster melibatkan mata, konsultasi oftalmologis biasanya direkomendasikan.

Perawatan Preventif Herpes Zoster

herpes zoster dapat dikurangi jika pengobatan pencegahan yang aman dan efektif tersedia. Merupakan hal yang tidak biasa bagi pasien untuk mengembangkan herpes zoster lebih dari sekali, menunjukkan bahwa reaktivasi pertama virus varicella-zoster biasanya memberikan perlindungan imunologis di masa depan. Studi saat ini sedang dilakukan untuk mengevaluasi kemanjuran vaksin varicella-zoster dalam mencegah atau memodifikasi herpes zoster pada orang tua.

Pengobatan Neuralgia Postherpetic

Walaupun postherpetic neuralgia pada umumnya adalah kondisi yang terbatas, ia dapat bertahan tanpa batas waktu. Perawatan diarahkan pada kontrol nyeri sambil menunggu kondisi untuk sembuh. Terapi nyeri dapat mencakup beberapa intervensi, seperti obat topikal, analgesik bebas resep, antidepresan trisiklik, antikonvulsan, dan sejumlah modalitas nonmedis. Kadang-kadang, narkotika mungkin diperlukan.Di atas adalah penjelasan komprehensif tentang perawatan herpes zoster. Lakukanlah seperti anjuran di atas, semoga penyakit herpes zoster kamu segera sembuh ya. Sekian terima kasih.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*