Ciri Khas Batik Solo yang Paling Mudah dikenali

Batik Solo tentu berbeda dengan batik di kota lain, baik itu batik Jogja maupun batik Pekalongan. Apabila Anda berkeinginan untuk melakukan pembelian batik khas Solo maka Anda harus mengetahui bagaimana ciri khas dari batik tersebut tujuannya yaitu supaya Anda tidak salah dalam memilih. Anda tidak perlu bingung Ketika Anda tidak mengetahui bagaimana ciri khasnya, karena Anda bisa mengenalnya dengan mudah.

Berikut Ciri khas batik kota Solo yang mudah dikenali yaitu seperti berikut:

  • Pada kainnya memiliki ciri khas bentuk motif geometris, misalnya seperti pada batik Sidoluhur, Sidomukti dan batik Sido Asih.
  • Memiliki motif yang berukuran kecil atau seringkali disebut sebagai teruntum.
  • Motif batik Parang Kusuma dapat dikenali dengan ciri khasnya yang berbentuk diagonal karena cara pembuatannya dengan melukis di bagian sisi atas dan bawah.
  • Batik Solo lebih terkenal dengan pola tradisional dan coraknya pada proses batik tulis maupun cap.
  • Batik khas Solo ini mempunyai warna yang lebih dominan yaitu coklat kekuningan. Hal ini berbeda dengan kain batik di kota lainnya sehingga ciri khas inilah yang paling mudah di kenali.
  • Di bagian batiknya memiliki ciri khas dengan bentuk geometris.

Selain ciri khas batik yang ada di kota Solo Anda pun juga bisa mengetahui beberapa pilihan motif batik yang mana setiap motif tentu memiliki ciri khas dan arti yang tidak sama. Untuk itu selain ciri khas batik ini juga mempunyai makna tersendiri dengan unsur agama yang lebih menghiasi dari motif batik. Untuk motif batik khas Solo bisa Anda ketahui misalnya seperti motif burung garuda, motif naga, motif sawat yang menjadikan simbol pada agama Hindu maupun motif yang lainnya.

Batik memang menjadi peninggalan leluhur yang harus dilestarikan supaya tetap terjaga dengan baik dan tidak hilang. Sementara batik memiliki sejarah yang sangat panjang sehingga hadir di negara Indonesia. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa batik tidak hanya memiliki satu macam dan jenis saja namun ada banyak jenis motif dan dan maknanya. Karena mengingat bahwa setiap daerah tentu memiliki khas batik yang tidak sama.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*